Komitmen Bersama Stop Buang AIr Besar Sembarangan

     Banyak faktor yang menyebabkan penyakit yang sering menjangkiti masyarakat, mulai dari faktor perubahan cuaca, kurangnya sistem imun tubuh, bahkan kurangnya kesadaran masyarakat tentang berperilaku hidup bersih sehat, sehingga mengakibatkan penyakit akibat lingkungan, seperti penyakit diare, gatal-gatal dan sebagainya.

Untuk menghindari itu, pemerintah kota pekanbaru melalui dinas kesehatan kota pekanbaru mencanangkan perilaku hidup sehat melalui stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS).

            Cara sosialisasi yang dilakukan, kita turun langsung ke masyarakat atau ketiap tiap Sekolah, ada juga dalam bentuk permainan, simulasi, tidak hanya ceramah saja, jadi masyarakat itu aktif di dalam sosialisasi itu dalam bentuk permainan, dan simulasi.

Pada saat itu, kalau memang kurang bagus, kita adakan semacam kontrak sosial, misalnya saya tidak punya jamban, saya target satu bulan kemudian sudah punya jamban, kemudian ditandatangani oleh masyarakatnya, pemuka masyarakatnya, lurahnya atau lingkungan yang sedang kita picu.

Jadi masyarakatnya bisa ikut menghindari penyakit akibat lingkungan seperti diare, gatal-gatal, jadi banyak hal-hal yang akan memicu masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat tidak buang air besar sembarangan.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFIL PUSKESMAS HANDAPHERANG

USAHA KESEHATAN GIGI SEKOLAH (UKGS)